Perasaan dan Temperamen Kuda

Umi R


Tentang perasaan dan temperamen kuda, perlu disadari bahwa kuda adalah hewan cerdas yang sensitif dan memiliki kemampuan atletik yang tinggi. Kita tertarik pada kuda sebagian karena dia adalah binatang liar yang telah dijinakkan. Jika penunggang kuda yang baik, laki-laki atau pun perempuan, bekerja sama dengan kuda yang terlatih maka sebagai tim mereka bisa sangat hebat. Untuk mengembangkan kerjasama seperti itu, atau untuk menangani kuda secara aman, kita harus mengerti bagaimana kuda berpikir dan bereaksi. Secara psikis pemilik kuda harus selaras dengan kuda.

Perasaan Kuda

Kuda memiliki ingatan yang lebih baik daripada manusia, tetapi cara mereka  berpikir tidak seperti kita, dan sering orangmembuat kesalahan karena menganggap demikian. Kuda adalah hewan buruan. Sebagian besar reaksi alaminya adalah melarikan diri kecuali dia nyaman dengan situasi yang dia hadapi. Ketika ia merasa khawatir, ia menjadi gugup dan siapuntuk melarikan diri. Dia memiliki naluri kawanan yang kuat; dia senang danmerasa paling aman berada bersama kuda lain. Kuda dan manusia dapat mengembangkan ikatan kesetiaan yang kuat - kuda mentransfer kebutuhannya akan keselamatan dan kenyamanan pada orang yang ia percaya.

Kuda merasa paling nyaman ketika manusia yang menangani mereka bertindak sepertianggota kawanan yang dominan (bos kuda) tanpa sikap terlalu agresif atauterlalu tunduk. Sebagai hewan yang hidup berkelompok, kuda terbiasa menjadisuka memerintah atau diperintah. Secara naluriah dia tunduk pada individu yanglebih dominan, jadi ini adalah peran yang harus diambil pemilik kuda saatmenangani kuda. Cara-cara ekstrem dalam penanganan kuda diantaranya adalahpaksaan dan penyuapan. Paksaan dapat membuat kuda agresif menjadi marah, selalumelawan, atau kuda penakut menjadi semakin takut. Suap akan cepat merusak kuda;ia segera belajar bahwa ia (bukan Anda) yang memegang kendali. Metodepenanganan paling efektif ada di antara keduanya, dengan penunggang kuda yangmengambil peran kepemimpinan yang tegas selaras dengan kemampuan dan sifat kudayang khas.


TINGKAT KOMUNIKASI

Disadari atau pun tidak, Anda selalu mengirimkan sinyal ke kuda melalui emosi, tindakan dan bahasa tubuh Anda. Setiap kali Anda menanganinya Anda melatih dia (mungkin ke arah negatif), membuat dia jadi lebih baik atau lebih buruk. Segala sesuatu yang Anda lakukan dengan kuda harus dipikirkan bagaimana responnya nanti. Dengan setiap tindakanyang Anda lakukan, tanyakan pada diri sendiri apakah Anda membantu mencapaiatau malah menjauh dari tujuan Anda melatihnya yaitu agar bersikap baik dan mudah ditangani.


Memahami Temperamen Kuda

Secaranaluriah kuda adalah anggota dari suatu kelompok. Kebanyakan kuda menjadi panik, kesepian, atau gelisah bila tanpa kelompok. Kuda yang sendirian beradapada situasi yang bertentangan dengan naluri alaminya; sikapnya lebih sehatjika ia memiliki teman - bisa kambing atau sapi atau hewan lainnya jika tidak ada kuda lain di dekatnya; beberapa kuda lebih mudah menyesuaikan diri pada keadaan terasing ini dibandingkan yang lain.
Ada hubungan langsung antaratemperamen (karakteristik emosional kuda - apakah ia berani, tenang, santai, malu-malu, atau takut) dan kemudahan dalam penanganan. Seekor kuda yang mudahmarah atau terganggu akan lebih sulit penanganannya dibandingkan kuda yangtenang.
Saat menangani kuda, usahakanuntuk mengatasi temperamen mereka, memastikan kuda yang berani tidak berusahamendominasi Anda, yang malas tidak menipu dan mencoba menghindari untukmelakukan apa yang seharusnya mereka lakukan, dan yang pemalu tidak menjadilebih takut dan gugup. Gunakan penilaian yang baik dan selalu ingat kepribadianmasing-masing kuda saat menangkap, menuntun, menangani kaki, dan sebagainya,maka akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk menanganinya

Memupuk Hubungan Baik

Pupuklah rasa hormat kuda dan kerjasamanya sehingga dia tahu apa yang diharapkan. Jika Anda konsisten dantenang penuh percaya diri dalam semua tindakan Anda dengan memancarkan pesandominasi yang lembut, maka kuda akan merasa lebih aman dan percaya daripadajika ditangani oleh orang gugup, tidak konsisten, malu-malu, atau marah.
Menangani kuda jauh lebih mudah jika Anda menyesuaikan diri dengan apa yang dia lakukan dan pikirkan. Diajuga harus nyaman dengan sinyal ia tangkap dari Anda. Ingat bahwa Anda mengontrol dan berkomunikasi tidak hanya dengan cara isyarat dan tindakan fisik tetapi juga dengan pikiran Anda. Jenis kontrol atas kuda seperti ini juga disertai dengan keakraban (mengenal kuda dengan baik) dan pemahaman Andaterhadap satu sama lain, yang diperoleh melalui bekerja sama - kuda mengetahuiapa yang Anda inginkan dan dikondisikan (melalui penanganan yang tepat dan pelatihan) untuk mematuhi Anda. Dia merasakan sikap Anda yang santai tapi dominan dan bukannya takut, marah, atau gugup. Dia menghormati Anda sebagaiorang yang dominan (bos kuda); itu bagian dari hubungan yang Anda kembangkan dengan dia saat bekerja sama dan menanganinya setiap hari. Dia bisa membaca apayang Anda pikirkan dari bahasa tubuh dan cara Anda bertindak. Jika Andamemberikan sinyal campuran - misalnya, bertindak agresif padahal Anda gugup atau takut kuda - maka kuda akan menjadi sangat gugup dan tidak percaya.

Santai Saja

Kudadapat membaca seseorang dengan baik. Mereka bisa merasakan perubahan dalam ketegangan fisik atau emosional yang memberitahu mereka bahwa seseorang takut, gugup, atau marah. Sungguh mereka dapat merasakan suasana hati dan perasaankita tidak peduli berapa keras kita mencoba untuk menyembunyikannya. Hewan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi satu sama lain melalui kombinasi bahasatubuh dan empati, dan mereka mampu menerapkan ini terhadap manusia sampai-sampai dapat memahami kita seperti membaca buku.
Andaharus benar-benar merasa nyaman dalam hubungan Anda. Meskipun dari gerak Andabersikap sebagai anggota tim yang dominan dalam kata-kata dan tindakan, tapidalam pikiran Anda takut kuda maka dia bisa merasakannya. Rasa takut Anda akanmembayangi tindakan Anda dan akan membuat dia lebih gugup atau lebih agresif.
Cara terbaik menenangkan kuda yang panik agar menjadi santai dan bisa bekerja sama adalah kita terlebih duluharus santai, baik secara psikhis atau pun fisik. Jika Anda tegang dan gugup,maka kuda juga ikut gelisah, dan karena ia berpikir bahwa apa pun yangmengkhawatirkan Anda juga berpotensi berbahaya untuk dia, dia bisa menjadisangat khawatir.
Kombinasi bahasa tubuh dan sikap percaya diri memberikan dominasi atas kuda dan menempatkan Anda di posisibos dan guru, yang memungkinkan kuda juga menjadi nyaman dalam hubungan - tidak merasa perlu untuk bersikap agresif melawan Anda dengan tidak adanya rasahormat atau terlalu takut pada Anda. Jika Anda memiliki dominasi penuh percayadiri terhadapnya, kuda akan menghormati dan mempercayai Anda, menerima Andasebagai bos. Jarang sekali Anda harus membentak dengan suara keras, menghukum atau pamer kekuatan fisik saat menanganinya.

Gunakan Nada Suara yang Sesuai

Suara dannada suara Anda sangatlah penting. Suara penuh penerimaan bisa menjadi penghargaan yang besar atau penguatan positif untuk perilaku yang baik. Nada suara penuh ketidaksetujuan sudah cukup menjadi hukuman bagi perilaku buruk; kuda menyadari Anda sedang marah padanya. Kuda tidak perlu takut kita untuk tunduk pada keinginan kita; hukuman dan ganjaran dengan menggunakan bahasa tubuh, suara, dan sikap sudah mencukupi jika ada komunikasi yang baik dalam hubungan kerja atau persahabaran Anda.

Menghukum Perilaku Buruk

Jika teguran fisik diperlukan, maka harus cepat dan tepat. Kuda mungkin hanya butuh hentakan pada tali kekang atau tepukan dengan cambuk (untuk mengingatkan kuda terlalu bersemangat agar tidak menyeret Anda terlalu cepat, atau untukmenghukum suatu perilaku buruk). Misalnya, jika kuda sedang mencoba untuk maju terlalu cepat, ketukan di dada dengan gagang cambuk dapat mengingatkan dia untuk memperlambat. Atau, ketukan di kaki saat ia merangsek ke arah Anda danhentakan kaki Anda bisa mengingatkan dia untuk tetap di tempat dan tidakmengganggu privasi Anda. Satu terapan singkat sudah cukup. Kebanyakan kudamemahami satu pukulan keras -lagi pula, di dalam kawanan satu gigitan atautendangan cukup untuk menjaga agar anggota tetap tertib. Mereka tidak memahami pemukulan berulang atau hukuman terus-menerus.
Hukuman harus berdurasi pendek, langsung, dan cukup kuat untuk memperbaiki keadaan. Aspek psikologis (menyadari ia telah melanggar batas dan telah menyinggung anggota tim yang dominan) lebih efektif daripada ketidaknyamanan fisik atau rasa sakit, meskipun hukuman harusnya cukup untuk mempengaruhi perubahanperilaku tertentu kuda. Bagi beberapa kuda, suara tanda tidak setuju sudahcukup. Bagi kuda lain, terutama yang berani atau sangat agresif yang mengujiotoritas Anda, mungkin diperlukan sebuah pukulan keras (pada tubuh, janganpernah kepala). Jika kuda itu menguji dominasi Anda, seperti yang akan dialakukan dalam kawanan mencoba untuk menjadi bos kuda sendiri, Anda harus mengingatkannya bahwa Anda masih di atasnya dalam urutan kekuasaan.


Hindari hukuman berlebih

Hukuman yang berlebihan membuat kuda kehilangan rasa hormat terhadap orang yang menanganinya, kepercayaan berganti menjadi rasa takut atau kebencian yang kuat. Terus-menerus"memarahi" kuda bisa sangat membingungkan dia. Dia akan berhenti berusaha untuk melakukan hal yang benar atau menjadi takut pada semua yang Andalakukan.

TIP KESELAMATAN

Jangan pernah percaya begitu saja pada kuda. Bahkan kuda yang paling bisa diandalkan pun bisa bergeraktiba-tiba jika terkejut dan melukai Anda secara tidak sengaja jika Anda didepannya. Miliki kebiasaan bekerja sadar keselamatan meski di sekitar kuda yangAnda kenal dan percayai; ini memperkecil kemungkinan terinjak, kepala terbentur, atau kecelakaan yang lebih serius. Waspadalah selalu kemana kuda bergerak, dan selalu siap untuk bergerak dengannya.

Hati-hati

Kuda adalah hewan yang besardan kuat. Jika ia marah atau takut, atau bergerak secara tiba-tiba, orang yangmenangani bisa terluka jika dia berada di tempat dan waktu yang salah. Sebagian besar kecelakaan dapat dicegah jika Anda membiasakan diri untuk menangani diri sendiri dan kuda sedemikian rupa sehingga meminimalkan terjadinya masalah tak terduga.Jika keselamatan adalah hal utama dalam pikiran Anda dan Anda bisa melakukan antisipasi, selalu siap dengan apa pun yang mungkin dilakukan kuda, kemungkinanAnda terluka semakin kecil.
Salahsatu faktor penting dalam meminimalkan kecelakaan adalah selalu bersikap baikdan penuh percaya diri - tegas tapi lembut. Sehingga berkurang kecenderungankuda untuk "menggoda" Anda (jika dia kuda pemberani) atau menjaditakut dan bertingkah (jika dia penakut). Anda ingin agar dia rileks dan mempercayai Anda. Kuda panik yang tidak nyaman dengan cara Anda menanganinya lebih cenderung menjadi tidak terkendali daripada kuda yang merasa aman denganAnda.
Menangani kuda dengan aman adalah masalah kesadaran (yang diselaraskan dengan apa dilakukan dan dipikirkan kuda, selalu siap dengan yang apa yang akan dilakukankuda selanjutnya) dan posisi tubuh. Anda mendominasi kuda melalui sikap percayadiri dan posisi tubuh. Kontrol mental seperti ini dicapai dengan pemahaman satusama lain. Kuda harus tahu apa yang Anda inginkan dan dikondisikan agarmenurut; dia tahu "hup" artinya berhenti dan diam, bahwa ia harus terima untuk menahan diri dengan tali kekang, dan bahwa ia harusbersikap baik saat Anda mememilihnya.
Kuda itulebih kuat dari Anda, tetapi melalui pelatihan dan sikap percaya diri Anda, ia menerima dominasi Anda. Namun, jika ia sesaat menjadi takut atau marah, ataukhawatir dengan rasa sakit yang disebabkan oleh Anda atau dokter hewan saat iaharus divaksinasi atau diobati, ia mungkin lupa untuk berperilaku baik. Pada saat seperti itu, Anda harus bisa menenangkan dan menahannya dan menjaga diri agar tidak terluka olehnya, meskipun Anda tidak sekuat dia. Anda dapat menggunakanposisi tubuh dan pengaruh (dan kontak fisik dengan kuda) untuk keuntunganmaksimal Anda untuk membuatnya tetap di bawah kontrol dan agar terhindar dari tendangan, benturan, atau terluka.

Comments

Popular Posts