Naik ke Atas Kuda



Anda sekarang sudah merasa nyaman dengan kuda. Inilah saatnya untuk duduk di atas punggungnya. Yang harus dipelajari pertama kali adalah mengendarai tanpa menggunakan pelana karena ini cara yang paling mudah untuk membuat Anda merasa nyaman dan belajar untuk bersantai ketika kuda sedang berjalan. Jika Anda sudah bisa melakukan hal tersebut, maka Anda bisa naik kuda dengan memakai sanggurdi (stirrup, pijakan kaki) yang sering diperlukan untuk membantu keseimbangan. Berikut beberapa cara naik ke atas punggung kuda. Dalam panduan singkat ini kami sampaikan dua cara, yaitu cara kaki dipapah (leg-on) dan dari tangga.


a. Kaki dipapah (Leg-on)
Petunjuk Naik Kuda Dengan Metode Kaki Dipapah (Leg On)
1. Berdiri dengan kedua tangan berada di salah satu sisi surai kuda jika Anda sudah siap untuk naik (Gambar 6.a ) atau pada saat berlatih, letakkan kedua tangan Anda di kedua sisi tiang pagar yang terkuat.

Gambar 6a – 6b


Gambar 6c – 6d


2.   Pastikan posisi paha vertikal, punggung lurus, dan pandangan jelas dan tajam, tekuk lutut kiri Anda sehingga betis Anda berbentuk horizontal (gambar 6.b). Orang yang mengangkat Anda akan meletakkan tangan kirinya di bawah lutut Anda dan tangan kanannya di bawah pergelangan kaki Anda.
3.   Tekuk lutut kanan sedikit. Pengangkat juga akan menekuk lututnya sedikit. Dia akan menghitung sampai tiga.
4.   Dalam hitungan ketiga, langsung melompat ke atas, jaga agar pinggul lurus dan lutut ditekuk (gambar 6c). Jangan mencoba untuk meletakkan tubuh atau kaki Anda di atas kuda. Cobalah untuk melompat di atas ketinggian surai kuda, kemudian pusatkan diri di atas tangan Anda. Jika pinggul Anda terjatuh atau bergoyang-goyang, pengangkat harus membiarkan Anda turun kembali. Pengangkat harus berhati-hati agar dapat mengangkat lurus ke atas dan tidak menarik kaki Anda keluar dari kuda.
5.   Ketika Anda terpusat di atas kuda, dengan dibantu oleh pengangkat serta lengan Anda sendiri, tekuk lutut kanan, putar untuk menghadap ke kepala kuda, taruh kaki kanan Anda di atas, serta berhati-hatilah agar tidak sampai menendang kuda (gambar 4.1d). Pastikan Anda sepenuhnya menghadap ke depan sebelum Anda menggerakkan kaki Anda ke bawah, dan kemudian duduk dengan pelan-pelan di punggungnya.

Rahasia agar paha bisa naik adalah dengan menjaga pinggul Anda terkunci sehingga Anda tidak jatuh ketika sedang diangkat dan tidak mengayunkan kaki kanan Anda ke atas sampai Anda terpusat di atas punggung kuda.

b. Cara Naik dari Tangga Pijakan
Diasumsikan, tangga pijakan ini tingginya pas.
Gamabr 7. Naik dari tangga pijak
1.   Naik ke tangga, kemudian mundur. Jika Anda merasa tidak nyaman sama sekali berdiri di atas tangga pijakan yang tinggi, ulangi langkah 1 sampai 3 hingga Anda merasa aman. Kemudian, kembali ke langkah 4 setelah setiap langkahnya berhasil dilewati. Berdiri di tangga pijakan yang dekat dengan kuda, menghadap rambut kepalanya.
2.   Letakkan tangan Anda di kedua sisi rambut kepala. Tetap seimbang dan lihat ke atas, jangan lihat ke bawah, dengan tatapan mata yang lembut (gambar 7a).
3.   Belai bahu, punggung, dan leher bawah kuda. Pegang kedua sisinya sejauh yang bisa Anda capai. Belai leher bawah kuda dengan tangan Anda seolah-olah Anda menggeser kaki Anda di tubuhnya. Lakukan langkah membelai ini dengan pelan sampai Anda berdua merasa nyaman.
4.   Pegang surai kuda dengan kuat dengan posisi kedua jempol tangan ke atas.
5.   Gunakan tangan Anda yang sedang memegang surai kuda untuk membantu Anda, menjaga kepala Anda agar tetap tegak, dan menahan tubuh Anda setegak mungkin, melompat yang cukup tinggi agar selangkangan Anda berada tepat di atas kuda. Gerakkan agar wajah Anda agak ke depan saat Anda melompat. Jangan mencoba untuk naik secara langsung.
6.   Sambil memegang surai di leher kuda, angkat kaki kanan, tekuk lutut, dan naikkan kaki Anda. Jaga agar kaki kiri tetap lurus dan menggantung ke bawah.
7.   Sambil memegang rambut di leher kuda, bergeraklah ke depan. Angkat kaki dan lutut kanan Anda, dan naikkan di atas punggung kuda, sentuh sedikit dan turunkan kaki.
8.   Mulai dari posisi pada langkah 6, kemudian melompat seperti pada langkah 5. Ketika Anda melompat, ayunkan kaki Anda di atas punggung kuda sampai berada di  sisi satunya, dan menggunakan tangan Anda untuk membantu Anda mendarat dengan lembut (gambar 4.2b). Kemudian duduklah.

Dan akhirnya  Anda bisa duduk di atas kuda sekarang! Saat kita berdiri, kita berdiri tegak, dan terasa nyaman. Berdiri tegak artinya beban tubuh kita bertumpu di tengah-tengah. Demikian juga saat duduk di atas punggung kuda. Posisi yang nyaman adalah posisi duduk yang menempatkan beban tubuh kita seimbang di tengah-tengah punggung kuda. Jika Anda duduk di atas kuda dengan benar, kuda persis di bawah Anda, dan Anda duduk di tengah-tengah punggung kuda (tidak di sebelah kiri atau di sebelah kanan). Posisi ini mudah didapat saat kuda berjalan lurus. Saat kuda berbelok, seimbangkah diri Anda dengan mengubah posisi bahu.
                Tapi jangan lupa, hal ini tidak akan berlangsung lama karena setelah ini Anda harus belajar bagaimana cara turun dari kuda. Hal penting, pegang erat-erat surai dengan kedua tangan, atau satu tangan memegang surai, tangan lainnya memegang pelana (jika ada).

Comments

Popular Posts