Turun dari kuda



Petunjuk turun dari kuda





























1. Cengkeram dengan erat surai kuda dengan kedua tangan dan jangan biarkan lepas (gambar 8a).
2. Ayunkan kaki kanan Anda ke depan.
3. Ayunkan ke belakang, tekuk lutut Anda, dan pada saat yang sama membungkuk ke depan melebihi posisi tangan Anda yang tetap pada posisi setinggi mata Anda.
4. Putar seluruh tubuh Anda ke kanan sambil tetap terpusat di atas punggung kuda. Biasanya  Anda ingin mulai meluncur turun tapi  hal itu akan menyebabkan posisi Anda menjadi tidak seimbang. Tubuh Anda bagian atas harus diputar ke kanan saat kaki kanan yang ditekuk Anda mengayun di atas punggung kuda (gambar 8b).
5. Instruktur mungkin harus membantu Anda mengayunkan kaki kanan untuk yang pertama kalinya. Lalu biarkan kaki kanan jatuh di samping kaki kiri Anda sehingga Anda berada dalam posisi belly-over (di atas perut).
6. Goyangkan jari kaki Anda untuk merilekskan kaki dan pergelangan kaki. Gunakan tangan Anda untuk mendorong diri Anda sedikit menjauh dari kuda dan biarkan diri Anda meluncur perlahan ke tanah, membiarkan lutut dan pergelangan kaki menekuk sedikit saat Anda menyentuh tanah (gambar 8c). Lepaskan pegangan tangan Anda. Jika kuda itu memiliki postur tubuh yang tinggi, instruktur harus siap untuk menangkap dan menahan Anda.

Pelajari kembali prosedur naik-turun kuda. Tapi kali ini lakukan secara langsung dari satu langkah ke langkah berikutnya, selama Anda merasa nyaman. Kadangkala, instruktur ingin mengajarkan pengendara cara turun dari kedua sisi sebagai persiapan kalau turun dari sisi kiri dapat menimbulkan bahaya. Namun demikian, secara psikologis, turun di sisi kiri lebih nyaman bagi kuda.

Comments

Popular Posts